Pengertian Partisi SD Card

Kartu SD android jika dieksplorasi manfaatnya tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan data, namun juga bisa dijadikan memori internal kedua, dan juga untuk menambah RAM. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan melakukan partisi media penyimpanan data kita, seperti harddisk, flashdisk, microSD, dan MMC. Sebelumnya simak penjelasan di bawah ini terlebih dahulu.

Apa Itu Partisi?

Partisi adalah pengelolaan/pembagian sistem pada media penyimpan data. Secara default, SDcard yang kita beli hanya memiliki 1 buah partisi yaitu fat32. Dengan melakukan partisi pada SDcard, kita bisa membaginya menjadi 3 buah partisi yaitu fat32, ext2, dan Linux Swap.

Apa Fungsi/Kegunaan Partisi?

Beberapa smartphone Android memiliki memory internal yang kecil, oleh karena itu, perlu dilakukan partisi pada SDcard. Kita dapat membuat 3 partisi yaitu fat32, ext2, dan linux swap.


  • Fat32 berguna untuk menyimpan data seperti lagu-lagu mp3, video, foto, dokumen, dan lain-lain. Ini adalah fungsi yang dimiliki SDCard pada saat Anda membelinya pertama kali.
  • Ext2 berguna untuk menyimpan data hasil instal aplikasi, ext2 boleh dikatakan sebagai memory internal kedua.
  • Linux Swap berguna untuk memperbesar RAM bawaan. Linux Swap adalah tempat yang dikosongkan dan digunakan sebagai RAM tambahan, boleh dikatakan sebagai RAM kedua. Sejauh ini, menambah RAM dengan partisi Linux Swap sangat aman dilakukan.

Jika sudah mengerti fungsinya, tentu Anda ingin mencobanya bukan? Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat partisi lengkap dengan gambar.

1 komentar:

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

siap gan
powe supply

Posting Komentar